ARTIKEL
 

Texas Chicken Resmi Tutup di Indonesia, Tapi Masih Ada yang Buka!

by Estrin Vanadianti Lestari - 25 Oct 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Dulu jadi makanan cepat saji yang populer dan ramai, kini Texas Chicken resmi tutup gerai. Hah, kenapa? Ya, Texas Fried Chicken melalui PT Cipta Selera Murni Tbk (CSMI), resmi tutup di Indonesia.

 

Kapan Texas Chicken Tutup?

Untuk penutupannya sendiri, sudah mulai dilakukan sejak Februari 2023 lalu. Jadi, jika kamu sudah mulai jarang melihat gerai Texas Chicken, itu artinya memang resmi sudah tutup.

 

Kenapa Texas Chicken Ditutup?

Padahal, Texas Chicken adalah salah satu brand makanan cepat saji favorit, di masa kecil selain McDonald, KFC, hingga AW. Sekarang, justru semakin banyak lagi pesaing di jenis industri tersebut, yang mungkin menjadi salah satu penyebab juga, tutupnya Texas Chicken.

Benar saja, sepi pembeli dan kerugian adalah penyebab dari tutupnya Texas Chicken. Selain itu, Texas Chicken juga bukan brand asli Indonesia, melainkan berasal dari Amerika.

Dengan resmi ditutupnya Texas Chicken di Indonesia, itu artinya PT Cipta Selera Murni Tbk, secara praktis memutuskan kerja sama, dengan Cajun Global LLC (pemilik brand Texas Chicken di Amerika Serikat).

 

Siapa Pemegang Saham Terbesar Texas Chicken?

Dilansir dari detik, berdasarkan data RTI mayoritas kepemilikan saham PT Cipta Selera Murni Tbk, adalah Lisa Muchtar. Diketahui, Lisa Muchtar ini memang merupakan investor kelas kakap, yang punya saham di CSMI dengan total 458.200.000 lembar saham atau sebesar 56,15%, dengan nilai saham sebanyak Rp22.910.000.000.

 

Tapi Texas Chicken Masih Tetap Ada! Kok Bisa?

Kok bisa Texas Chicken di Indonesia masih tetap ada? Jadi begini ceritanya Kawan! Texas Chicken sebelumnya memang memiliki dua manajemen yang berbeda, yakni dari PT Cipta Selera Murni Tbk dan PT Quick Serve Indonesia.

Jadi, saat ini PT Quick Serve Indonesia menjadi satu-satunya pemegang waralaba Texas Chicken di Indonesia, dan masih tetap beroperasi sampai sekarang, alias tidak ikut ditutup.

Gerai dan aset Texas Chicken dari kedua perusahaan ini pun berbeda. Sehingga, tutupnya gerai Texas Chicken yang dipegang oleh PT Cipta Selera Murni, tidak berdampak, pada operasional Texas Chicken Indonesia yang masih dimiliki PT Quick Serve Indonesia.

Lho, lho! Bingung ya? Daripada bingung, intip saja sejarah perjalanan Texas Chicken di Indonesia berikut ini yuk!

 

Sejarah Texas Chicken

  • 1952: Texas Chicken (awalnya bernama Church Chicken) pertama kali didirikan oleh George W. Church di San Antonio, Texas, Amerika Serikat.
  • 1979: Texas Chicken berekspansi internasional. Di mana perusahaan ini mendirikan gerai di berbagai lokasi dan negara, seperti Puerto Rico, Kanada, Meksiko, dan Indonesia.
  • 1983: Pada tahun 1983, adalah tahun awal Texas Chicken masuk ke Indonesia, dan dipegang oleh PT Cipta Selera Murni (PT CSMI).
  • 1984: Pada tahun 1984 tepatnya tanggal 4 Juli 1984, Texas Chicken membuka gerai pertama di Indonesia, yakni Pasar Baru, Jakarta Pusat, dengan nama Texas Fried Chicken. Setelah itu, muncul gerai-gerai lainnya yang dibuka di berbagai kota seperti Surabaya, Medan, Pekanbaru, Palembang, Pontianak, Banjarmasin, Bandung, Makasar, Manado, dan kota besar lainnya di Indonesia.
  • 1993: Nama Texas Fried Chicken, berganti nama menjadi Texas Chicken.
  • 2018: Selain PT CSMI, PT QSI juga mendapatkan izin untuk memiliki brand Texas Chicken di Indonesia dari principal.

 

Meski sudah tidak bekerjasama lagi dengan brand Texas, emiten dari PT CSMI masih listing di bursa, dengan kode saham CSMI. Jika kamu berminat untuk memiliki saham dari industri f&b, CSMI bisa jadi salah satu pilihan.

Namun, perlu diketahui bahwa masih ada banyak emiten saham di sektor tersebut, seperti MAPI atau PZZA yang bisa kamu pertimbangkan sebelum beli. Jadi, cek selalu update-an sahamnya melalui aplikasi InvestasiKu, dan selalu lakukan analisis sebelum mengambil keputusan!

 

 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO