ARTIKEL
 

Profil & Sumber Kekayaan Mario Teguh yang Diduga Gelapkan Dana Rp5 M

by Estrin Vanadianti Lestari - 10 Aug 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Motivator ternama Indonesia, yakni Mario Teguh dilaporkan atas dugaan penipuan dan penggelapan uang, setidaknya sebesar Rp5 miliar. Tidak sendiri, istri Mario Teguh yakni Linna Teguh juga ikut dilaporkan.

Apa sebenarnya kasus yang sedang menimpa Mario beserta istrinya? Selain itu, lama tak terdengar, kira-kira darimana saja sumber kekayaan Mario Teguh? Yuk intip profil sang motivator berikut ini!

 

Diduga Melanggar Perjanjian Bisnis

Seperti yang diketahui, bahwa Mario Teguh menerima tawaran untuk menjadi salah satu brand ambassador produk kecantikan, bernama Kanemochi.  Pihak brand sekaligus pelapor yakni Sunyoto Indra Prayitno, mengaku sudah membuat perjanjian bisnis, namun kliennya yakni Mario Teguh diduga melanggar dan mangkir dari perjanjian.

Disebut, Mario Teguh dan istrinya, sudah menerima sejumlah uang sebesar Rp5 miliar, yang diberikan oleh Sunyoto. Bukan motivator baru, Mario Teguh bahkan pernah memiliki program acara sendiri di salah satu stasiun televisi di Indonesia.

 

Profil Mario Teguh

Nama Mario Teguh sepertinya sudah tidak asing, di telinga masyarakat Indonesia. Mario Teguh memiliki nama asli Sis Maryono Teguh, di mana ia lahir di Makassar pada 5 Maret 1956.

Berkat motivasi-motivasi dengan jargonnya "Salam Super" membuat Mario Teguh dikenal sebagai orang yang bijak, sabar, dan tentu saja pintar.

 

Pendidikan Mario Teguh

Hal tersebut dibuktikan dari kecerdasannya sejak kecil, bahkan Mario Teguh sempat bersekolah tingkat SMA di Amerika Serikat, tepatnya di New Trier West High, jurusan Arsitektur pada tahun 1975.

Ia sempat kembali ke Indonesia untuk kuliah di IKIP. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di Sophia University Jepang  dengan jurusan International Business. Tidak sampai di situ, ia juga melanjutkan pendidikan S2-nya di Indiana University, Amerika Serikat jurusan Operations Systems, dengan gelar MBA.

 

Perjalanan Karir Mario Teguh

Sebelum menjadi motivator terkenal, Mario Teguh juga dikenal sebagai pengusaha, psikolog, hingga penulis. Berikut cerita perjalanan karir Mario Teguh:

  • 1983-1986: Sempat bekerja menjadi Head of Sales di salah satu institute perbankan, pada tahun
  • 1994: Setelah itu ia memutuskan untuk mendirikan Business Effectiveness Consultant, Exnal Corp.
  • 2007: Menjadi pembicara di acara program televisi bernama Business Art di OChannel.
  • 2006-2016: Sebagai motivator di program acara televisi bernama Golden Ways.
  • 2010: Pernah terpilih menjadi satu dari 8 Tokoh Perubahan 2009 versi Republika

Dari perjalanan karirnya tersebut, ia sering mendapatkan penghargaan, dari berbagai kategori. Ia juga menerbitkan beberapa buku, mulai dari Becoming a Star, One Million Second Chances, Life Changer, dan Leadership Golden Ways.

Bukan suatu pencapaian yang biasa, karena saking hebatnya Mario Teguh sempat menjadi motivator termahal saat itu. Yakni dengan bayaran sekitar Rp150 juta per jam, untuk tampil di acara televisi.

 

Karir Redup dan Tersandung Masalah

Namun, karir yang sudah ia capai tersebut tiba-tiba redup, karena berbagai ujian. Jika kamu masih ingat, Mario Teguh pernah tersandung kasus pada 2016, di mana ia tidak mengakui anak kandungnya, yang bernama Ario Kiswinar.

Kini, ia kembali diterpa masalah lagi, atas dugaan penipuan dan penggelapan dana sebesar Rp5 miliar. Namun, tidak tinggal diam, Mario Teguh bersama dengan pengacaranya, angkat bicara secara tertulis berupa keterangan pers di Instagram dan menyampaikan pernyataan.

Berikut isi pernyataan Mario Teguh, yang dikutip dari detik.com:

"Berkaitan dengan adanya pemberitaan yang tidak benar mengenai penipuan dan/atau penggelapan atas kerja sama sebagai Brand Ambassador Skincare Kanemochi, yang dilakukan oleh Klien Kami Sdr. Mario Teguh, Kami bermaksud memberitahukan kepada publik, bahwa keterangan dan/atau berita yang telah disebarluaskan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab merupakan berita yang tidak benar dan/atau berita bohong serta telah mencemarkan nama baik Klien Kami," demikian ditulis dalam keterangan pers itu, Sabtu (15/7/2023).

 

Sumber Kekayaan Mario Teguh

Sudah lama tak terdengar namanya, setelah kasus dengan Ario Kiswinar, lantas sekarang Mario Teguh kerja apa, dan dari mana sumber kekayaannya? Ternyata, ini sumber kekayaan Mario Teguh, mulai dari Youtube hingga beberapa bisnis.

  • Media Sosial (YouTube & Instagram): Menjadi content creator, dengan konten motivasi dan mendapat bayaran dari adsense di kanal miliknya (MarioTeguhTV), dengan 891 subscriber.
  • Konsultan Bisnis: Memiliki bisnis yang berdiri sejak 1994, di mana ia aktif memberikan materi di berbagai tempat bahkan sampai tampil di TV.
  • Bisnis Training: Mario Teguh memiliki bisnis training bernama Omari Umrah, yang bergerak di bidang strategi dan teknik penjualan tiket umroh.

Meski begitu, masih banyak netizen yang mendukung Mario Teguh, dengan memberikannya motivasi, dan berharap agar semua masalahnya bisa segera menemukan titik terang.

Belajar dari Mario Teguh, bahwa karir tidak selamanya gemilang, sehingga ketika masih memiliki pendapatan tetap, sebaiknya investasikan aset. Jadi, ketika kamu sudah tidak lagi bisa menghasilkan pendapatan, aset yang sudah diinvestasikan bisa menjadi bekal di masa depan atau hari tua.

Beruntung, jika kamu masih memiliki bisnis yang stabil meski usia sudah tidak lagi muda. Tapi, tidak ada salahnya untuk berinvestasi mulai dari sekarang! Yuk investasikan kekayaanmu, di instrumen dan platform yang tepat, seperti di InvestasiKu!

 

 

Download InvestasiKu bisa dapat poin

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO