ARTIKEL
 

Gaji Rp6,5 Juta di Jakarta, Cukup Ngga Sih?

BY Josua Lois Sinaga - 11/22/2022 9:34:00 AM - 4 MINS READ

 

Punya gaji Rp6,5 juta di Jakarta cukup nggak sih? Eits! Cukup nggak cukup, itu soal gaya hidup. Pasalnya, tidak ada jawaban yang tepat soal cukup atau tidaknya, dengan gaji yang kamu terima.

Ada yang gajinya Rp10 juta, tapi tetap merasa kurang, tapi ada yang gajinya Rp3 juta dan sudah berkeluarga, tapi selalu merasa cukup. Jadi, semua bakal kembali ke gaya hidup dan kebutuhan masing-masing.

Jika dilihat dari Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta sendiri, tahun 2022 ini adalah Rp4,4 juta. Angka UMP tertinggi, dipegang oleh Karawang dari Provinsi Jawa Barat, yakni Rp4,8 juta.

Jadi, berapapun gajinya, yang terpenting adalah bagaimana cara kamu mengelola keuangannya. Nah, buat kamu yang memiliki gaji Rp6,5 juta di Jakarta dan masih merasa kurang, kamu bisa belajar mengelola keuangan dengan lebih baik lagi.

Yuk, intip tips mengelola gaji berikut ini, agar kamu tidak merasa kekurangan:


Tips Kelola Gaji Rp6,5 Juta di Jakarta

 

1. Cari Kost atau Kontrakan yang Terjangkau

Tips kelola gaji Rp6,5 juta di Jakarta yang pertama adalah cari kost atau kontrakan yang terjangkau. Hal ini, bisa kamu lakukan jika kamu adalah anak rantau.

Berapa kisaran harga kost atau kontrakan yang murah di Jakarta? Jangan khawatir, karena saat ini masih banyak pilihan kost atau kontrakan, dengan harga sewa mulai Rp700 ribu - Rp1,5 juta per bulannya.

Jika kamu masih tinggal di rumah orang tua, kamu bisa patungan bayar biaya listrik dan lainnya. Kalau kamu berencana membeli rumah, disarankan yang memiliki cicilan rendah, seperti Rp2-3 juta per bulannya.

Anggaran bayar sewa tempat tinggal, bisa kamu prioritaskan, karena budgetnya lebih besar dari kebutuhan lainnya. Dengan begitu, kamu masih punya sisa gaji sekitar Rp5 juta - Rp4 jutaan.


2. Buat Anggaran untuk Biaya Konsumsi, Transportasi, dan Kuota Selama Sebulan

Tips kelola gaji Rp6,5 juta yang selanjutnya adalah dengan merincikan kebutuhan penting lainnya, seperti biaya konsumsi, transportasi hingga kuota internet selama bulan.

Sama seperti halnya saat memilih tempat tinggal, kamu bisa juga bisa memilih jenis makanan dan transportasi yang lebih terjangkau.

Mungkin kamu bisa saja membeli makanan enak, yang mahal atau berangkat kerja menggunakan taxi online. Tapi, kamu juga memiliki pilihan lain, yang bisa menekan budget kamu.

Misalnya, beli makanan di warteg atau kantin, ketimbang beli di restoran atau kafe. Kamu juga bisa pilih naik transportasi umum yang lebih murah, seperti KRL atau busway.

Di mana harga ongkos KRL adalah mulai dari Rp3.000 sampai Rp14.000, dan busway hanya Rp3.500 untuk semua tujuan. Jadi, per bulannya, kamu mungkin tidak sampai menghabiskan ongkos di atas Rp1 juta.

 

3. Sisihkan untuk Tabungan dan Dana Darurat

Selanjutnya, tips kelola gaji Rp6,5 juta yang  bisa membuat kamu lebih siap finansial, adalah dengan menyisihkan tabungan dan dana darurat.

Kamu mungkin tidak membutuhkan uang banyak, dalam waktu dekat. Tapi, tabungan dan dana darurat akan membantu kamu ketika kamu sedang mengalami kondisi yang tidak terduga.

Misalnya, tiba-tiba kamu sakit dan harus ke rumah sakit, kendaraan mogok, harus servis HP, dan lainnya. Pastinya, kamu membutuhkan dana darurat, yang sudah tersimpan sebelumnya.

Lantas, bagaimana jika kamu tidak punya dana darurat? Pasti akan kelimpungan mencari pinjaman, ke keluarga, teman, bahkan hingga pinjaman online. Tidak mau bukan?

Maka dari itu, paling tidak kamu sisihkan beberapa persen gaji Rp6,5 juta kamu, ke tabungan dan dana darurat. Mulai dari 10%-30% atau sekitar Rp1,5 juta-Rp2 jutaan, agar kondisi finansialmu setiap bulannya, lebih aman.

 

Baca juga: Jangan Investasi Sebelum Punya 5 Hal Ini

 

4. Cari Side Job

Nah, buat kamu yang mungkin merasa gaji Rp6,5 juta di Jakarta masih kecil, karena beberapa alasan seperti sudah berkeluarga, atau menjadi tulang punggung keluarga besar, termasuk membiayai sekolah adik-adik, kamu bisa cari penghasilan tambahan.

Gimana caranya? Cari side job atau pekerjaan sampingan. Ada banyak pilihan pekerjaan sampingan, yang bisa kamu dapatkan.

Mulai dari freelance fotografer, penulis lepas, desain grafis, ojek online, admin sosial media, dan lainnya.

Dengan cari pekerjaan sampingan, kamu bisa mendapatkan gaji lebih besar. Di pekerjaan sampingan bahkan, kamu bisa mendapatkan gaji lebih besar, sesuai proyek yang kamu ambil apalagi jika ambil proyek dari perusahaan asing.


5. Investasi di Instrumen yang Tepat

Tips kelola gaji Rp6,5 juta di Jakarta yang saat ini sudah banyak diterapkan adalah berinvestasi, dengan instrumen yang tepat salah satunya saham.

Baik pemula maupun profesional, saham bisa dijadikan jenis investasi yang cukup menguntungkan, jika kamu bisa melakukan investasi dengan strategi yang tepat sesuai tujuan.

Jadi, dalam investasi saham ada dua tipe yang bisa dilakukan, investasi jangka panjang, dan yang satunya adalah trading untuk investasi jangka pendeknya.

Namun, jika kamu pemula, disarankan untuk memilih investasi jangka panjang saja, karena tidak perlu memantau setiap saat. Tapi, usahakan pilih emiten yang bagus dari segi fundamental.

 

Baca juga: Cara Belajar Saham dari Nol

 

Mau Investasi? Ya, InvestasiKu!

Kamu pemula dan mau mulai masuk ke dunia saham? Yuk, beli saham pertamamu di aplikasi InvestasiKu! Jangan lupa download aplikasi InvestasiKu, registrasi, dan buat rekening saham atau RDN.

Cari saham incaran mu, di menu pencarian dan beli sesuai dengan jumlah lot yang diinginkan. Dapatkan bonus berupa Allo Points di setiap transaksi di InvestasiKu!

 

download investasiku

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK