ARTIKEL
 

Hindari! Investasi Bodong Adalah Penawaran Titip Modal

BY Dany Mauriz Gibran - 6/14/2022 9:00:00 AM - 11 MINS READ

 

Definisi Investasi Bodong

Investasi bodong adalah aksi penipuan investasi yang digerakan oleh individu maupun kelompok. Ada berbagai cara yang mereka gencarkan untuk membuat korban kehilangan uang.

Modus mereka berupa penawaran investasi tanpa resiko, jaminan keuntungan, konsisten menghasilkan tiap waktu sampai sekuritas yang tidak diawasi oleh OJK dan Bappebti.

Bodong artinya kosong, merugikan nasabah dengan skema Ponzi, skema piramida, dan penipuan manipulasi pasar.

Tentunya, penipu melancarkan aksi tersebut dengan mengiming-imingi keuntungan secara instan, tanpa memberi tahu resiko yang akan timbul.

Pelaku kejahatan mengetahui bahwa investasi bodong adalah jenis penipuan yang masih bisa memakan banyak korban. Hal ini sejalan terhadap minimnya literasi keuangan di Indonesia.

Disisi lain, beberapa korban mengakui bahwa mereka menginginkan cara instan untuk menjadi cepat kaya tanpa berproses panjang.

Ketahui Lebih Dalam Tentang Investasi Bodong

Sebelum mengetahui lebih jauh ke ciri-ciri dan contohnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu investasi bodong. Ada banyak jenis investasi ilegal. Mereka biasanya melibatkan penjahat yang menghubungi orang secara tiba-tiba. 

Setelah itu, mereka meyakinkan untuk berinvestasi dalam skema atau produk yang tidak berharga atau tidak ada. Setelah penjahat menerima pembayaran, mereka menghentikan kontak dengan korban.

Meskipun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah berkali-kali memberantas aksi tersebut. Sayangnya, modus lain yang serupa sering bermunculan lagi. Bagaikan putus satu tumbuh seribu.

Download InvestasiKu! Aplikasi Investasi Saham Terpercaya Diawasi Oleh OJK

Ciri-Ciri Investasi Bodong

Meskipun instansi berwajib seperti kepolisian, OJK, dan BAPPEBTI sudah memberantas banyak oknum. Masyarakat juga wajib belajar dari dasar sampai mahir terkait investasi dan resikonya. Karena, masyarakat juga punya peran penting untuk membentengi diri dari pelaku kriminal.

Jika kamu belum memahami tentang investasi, alangkah baiknya belajar bareng investasiku. Mereka akan mengajarkan kamu cara investasi sampai trading saham dengan mindset yang baik dan benar. Oke lanjut!

Ciri paling sering investasi palsu adalah bagi hasil dua kali lipat dari jumlah modal yang kamu setorkan.

Alhasil, kamu mentransfer modal kamu kepada mereka. Hasilnya, mereka akan hilang begitu saja tanpa ada kabar.

Ciri-ciri investasi bodong lainnya adalah tidak memiliki izin apapun dari pihak berwenang seperti OJK dan BAPPEBTI.

Coba telusuri situs resmi mereka, jika tidak tercantum nomor lisensi dan tidak memiliki peraturan yang melindungi konsumen. Bisa jadi itu adalah ciri-ciri investasi bodong. Kamu wajib teliti dan bertanya terlebih dahulu kepada orang yang sudah berpengalaman. 

Berikut ini 9 ciri-ciri investasi bodong agar kamu bisa mengetahui modus yang mereka jalankan:

1. Janji Risiko Rendah Dengan Pengembalian Tinggi

Selalu ingat terhadap kutipan ini mengetahui ciri-ciri investasi bodong ini “it’s too good to be true”, hal ini tidak sepenuhnya salah. Berbeda dengan ranah investasi, sesuatu apapun kalau kamu dijanjikan pengembalian terjamin kamu harus berhati-hati.

2. Dihubungi Secara Tiba-Tiba

Anda menerima telepon, email, atau pesan di media sosial dari seseorang yang menawarkan saran investasi yang tidak diminta. Waspada terhadap ciri-ciri investasi bodong yang satu ini.

3. Memanfaatkan Emosi

Anda dihubungi berulang kali dan diberitahu bahwa Anda harus bertindak cepat untuk berinvestasi atau anda akan tertinggal momentum yang besar.

Hati-hati terhadap salah satu ciri-ciri investasi bodong ini, tetap waspada terhadap promosi penjualan, baik dari individu atau dalam iklan, yang mendorong Anda untuk langsung masuk atau langsung bertindak. 

Hindari tekanan untuk melakukan pembelian cepat dengan “investasi cepat untung, profit besar!” untuk berinvestasi sekarang. Mereka tidak ingin Anda meluangkan waktu untuk berpikir, mencari informasi lebih dalam, atau bertanya dengan orang lain.

4. Tidak Menjawab Pertanyaan atau Membiarkan Anda Bertanya

Ciri-ciri investasi bodong yaitu penipu tidak ingin anda bertanya. Sebaliknya, mereka akan menjawab dengan mengajukan pertanyaan kepada Anda. Ini biasanya yang dimaksudkan untuk mendapatkan tanggapan positif. “Anda ingin menghasilkan lebih banyak uang, bukan?”.

Para profesional investasi terkemuka mendorong Anda untuk mengajukan pertanyaan. Penipu tidak ingin Anda melakukannya.

5. Jawaban Selalu Menghindar 

Kegagalan penipu untuk memberikan perincian dan dokumen pengungkapan atau untuk menanggapi pertanyaan secara langsung, Hal ini karena mereka tidak mau mengurangi antusiasme Anda. Oleh karena itu dia menyembunyikan sesuatu. Kamu patut menduga bahwa ini adalah ciri-ciri investasi bodong.

6. Investasi Tidak Harus Resmi

Investasi resmi itu harus mendapatkan pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan kegiatan dalam sektor jasa keuangan yaitu OJK dan BAPPEBTI. 

7. Hindari Investasi Yang Tidak Dijelaskan Secara Detail

Penipu sering kali menyatakan bahwa spesifikasinya “terlalu teknis” untuk dijelaskan dalam istilah awam atau bahwa informasi tersebut “dirahasiakan” atau “rahasia”. Padahal, mereka harus menyertai semua informasi meskipun itu hal yang rumit. Sebaliknya, jika itu rumit, Anda mungkin tidak ingin terlibat.

8. Perilaku Bisnis Tidak Profesional

Mereka menolak untuk membalas panggilan telepon, menjawab korespondensi, atau memberikan nomor telepon dan alamat fisik mereka. Penelepon hanya bisa mendapatkan balasan otomatis. Walaupun memiliki kantor fisik, mereka selalu ingin bertemu Anda di tempat lain. 

Ini semua adalah tanda peringatan penipuan. Namun, ada penipu yang memiliki kantor mewah, mobil, dan resepsionis profesional. Jika mereka tidak melakukan pencucian uang, mereka akan mudah terlacak.

9. Janji Informasi Orang Dalam

Jangan pernah berinvestasi berdasarkan rumor atau informasi serta bertindak berdasarkan informasi orang dalam adalah ilegal. Selalu gunakan fakta daripada emosi. Jika dorongannya terlalu kuat, hubungi broker Anda dan mintalah makalah penelitian tentang investasi yang Anda pikirkan.

Contoh Investasi Bodong di Indonesia

1. Kasus Investasi Bodong Melalui Media Sosial

Media sosial memberi kita banyak kesempatan untuk terhubung dengan orang lain dan berbagi konten di seluruh dunia dengan mudah. Penipu menggunakan fasilitas sosial yang sama untuk mempromosikan peluang investasi ilegal. Media sosial memberi mereka akses ke informasi pribadi untuk menargetkan calon investor dan bahkan menciptakan ilusi kepentingan bersama.

Dengan menggunakan media sosial, penipu dapat menghubungi banyak orang berbeda dengan biaya yang relatif rendah. Mereka dapat membuat akun palsu, alamat email, dan menautkan postingan mereka ke situs web, video, atau foto yang membuat investasi terlihat sah.

Potensi anonimitas di media sosial juga dapat mempersulit mengidentifikasi atau menemukan penipu yang menggunakan media ini untuk mempromosikan investasi ilegal.

Jika sebuah skema muncul di media sosial, orang yang menganggap investasi itu sah dapat mendorong orang lain di jaringan mereka untuk berinvestasi. 

Hal ini dapat mengakibatkan penipuan afinitas di mana teman, anggota keluarga, dan kolega berinvestasi dan kemudian mempromosikan investasi yang tidak sesuai atau penipuan. Jika sudah terjerumus, uang akan hilang dan hubungan pribadi terpengaruh.

2. Penipuan Investasi Emas

Manfaat dari logam mulia seperti emas adalah nilainya tahan terhadap inflasi, serta fakta bahwa nilainya sering meningkat selama penurunan pasar. Hal ini membuat emas menarik bagi investor, terutama selama masa ketidakpastian ekonomi. Penipu memainkan ini dan menggunakan taktik untuk menarik orang yang tidak curiga agar berinvestasi dalam produk keuangan yang mencurigakan.

3. Investasi Bodong Berkedok Kripto

Aset Crypto termasuk cryptocurrency, perusahaan blockchain, dana cryptocurrency, penawaran koin awal (ICO), Penawaran Token Awal (ITO), dan Penawaran Pertukaran Awal (IEO). 

Banyak orang menggunakan istilah “cryptocurrency” ketika mengacu pada aset crypto. Namun, sementara banyak aset kripto adalah media pertukaran digital (dan karena itu bertindak mirip dengan mata uang), tidak semua yang disebut sebagai cryptocurrency adalah media pertukaran digital, tetapi bisa menjadi aset kripto dengan properti lain.

Dalam beberapa tahun terakhir, aset kripto tertentu telah menarik minat investor dan peminat bisnis keuangan. Produk-produk ini dianggap berisiko tinggi karena sifatnya yang spekulatif. Ketika seseorang berspekulasi pada aset kripto, mereka umumnya fokus untuk mencoba mendapat untung dari selisih nilai.

Penting juga untuk mengetahui agar berhati-hati saat membeli aset kripto melalui platform perdagangan.

Bagaimana Cara Kerja Penipuan Terkait Aset Crypto?

Seorang penipu dapat mengklaim untuk menempatkan uang investor dalam platform perdagangan aset kripto berpemilik, sambil menjanjikan pengembalian yang tinggi dan terjamin dengan sedikit atau tanpa risiko.

Setelah investor berinvestasi, seringkali dengan menggunakan mata uang digital, penipu dapat berhenti berkomunikasi dengan investor. 

Atau, ketika investor memeriksa akunnya di platform perdagangan aset kripto, ini mungkin menunjukkan bahwa investor telah menghasilkan pengembalian investasi yang tinggi; namun, keuntungan perdagangan yang disebutkan kemungkinan palsu.

Penipu dapat meminta investor untuk mengirim lebih banyak uang (pemerasan), agar investor dapat menarik keuntungan, padahal penipu ingin mengambil uang anda lebih banyak lagi.

4. Penipuan Binary Option

Opsi biner atau binary option adalah model taruhan yang mana investor bertaruh pada pergerakan suatu aset, seringkali mata uang, indeks saham, atau saham, biasanya dalam waktu singkat, kadang beberapa menit atau bahkan detik. Ketika periode itu habis, investor menerima pembayaran yang telah ditentukan atau kehilangan taruhan mereka. Tidak ada bisnis atau individu yang terdaftar atau berwenang untuk memasarkan atau menjual opsi biner di Indonesia. Contoh investasi bodong ini baru terkuak akhir-akhir ini yang menjerat influencer muda di Indonesia.

5. Skema Ponzi

Contoh Investasi bodong ini dikenalkan oleh Charles Ponzi, penipuan ini menjanjikan pengembalian investasi yang tinggi. Setiap peserta didorong untuk mendatangkan investor baru untuk berinvestasi, padahal modal dari investor baru ini untuk membayar pengembalian investor lama. Satu-satunya orang yang menghasilkan uang adalah orang dibalik dari skema tersebut.

6. Pump and Dump Pada Pasar Modal

Dalam contoh investasi bodong ini banyak sekali pedagang di pasar modal mengalaminya. Awalnya, penipu mempromosikan pembelian saham yang diperdagangkan secara publik. Tujuannya untuk menaikkan harganya (memompa pasar) untuk mendapatkan keuntungan. Kemudian menjualnya setelah promosi berakhir. Alhasil, Investor banyak yang nyangkut dan merugi.

7. Penipuan Berkedok Forex

Pasar valas, juga disebut sebagai Pasar Valuta Asing atau FX, pada dasarnya adalah pembelian satu mata uang secara bersamaan sambil menjual mata uang lainnya. Keuntungan dan kerugian tergantung pada fluktuasi nilai tukar antara kedua mata uang. 

Namun, banyak sekali oknum yang menjebak calon nasabah agar menitipkan dana nya kepada penipu. ini adalah contoh investasi bodong yang mengakibatkan kehilangan uang milyaran rupiah di Indonesia.

8. HYIP

HYIP menggunakan situs web untuk menawarkan tingkat pengembalian harian, mingguan, atau bulanan yang sangat tinggi. Situs web HYIP akan memiliki sedikit informasi tentang lokasi, manajemen, atau cara perusahaan menginvestasikan dana yang diterimanya. 

HYIP mempromosikan tentang pendapatan pasif, akun online yang aman, dan produk investasi eksklusif atau rekening tabungan. Sepertinya ini adalah salah satu contoh investasi bodong yang marak di dunia internet pada tahun 2010.

Cara Melaporkan Investasi Bodong

Dilansir dari waspadainvestasi.ojk.go.id, Masyarakat bisa melaporkan adanya dugaan sindikat  investasi ilegal kepada Satgas dengan alamat kontak: waspadainvestasi@ojk.go.id

Kenapa di Indonesia Banyak Kasus Investasi Bodong?

Faktanya, investasi ilegal masih banyak bertebaran bukan tanpa alasan. Sebenarnya karena masyarakat Indonesia banyak yang berminat terhadap investasi saham. Namun, mereka belum mengetahui ciri-ciri yang pasti apakah itu investasi bodong atau bukan.

Menabung deposito sudah bagian dari budaya negeri kita tercinta ini. Oleh karena itu, pelaku kriminal dengan mudah mengiming-imingi keuntungan besar daripada deposito, yakni investasi. Karena literasi dan edukasi tentang investasi juga masih sangat minim.

Mereka mencari celah dari kurangnya pengetahuan dan kecerobohan masyarakat akan investasi. 

Modus yang paling sering digunakan adalah titip modal dengan return 70% dalam satu bulan. Aksi ini lumayan banyak terjadi di Telegram. 

Cara instan seperti inilah yang membuat publik berbondong-bondong terjebak.

Bagaimana Cara Menghindari Investasi Bodong?

Dengan testimonial palsu dan tawaran fantastis lainnya, kamu harus tau bahwa ini adalah cara penipu menarik perhatian kamu. Investasi saham bisa meraup keuntungan signifikan namun, butuh sebuah proses yang panjang dan konsistensi.

Grafik harga saham bergerak secara fluktuatif, alias berubah sesuai dengan kondisi ekonomi dan kinerja perusahaan. Kalau sedang bagus, keuntungan bisa tinggi. Kalau tidak, kamu harus meminimalisir kerugian.

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK