ARTIKEL
 

5 Strategi Cara Beli Saham ANTM Dapet Cashback!

by Estrin Vanadianti Lestari - 20 Jun 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Cara beli saham antam memang sedang populer dibicarakan oleh investor remaja sampai dewasa. Beberapa opini dari mereka bahwa dengan mengoleksi saham antam adalah untuk jangka panjang serta imbal hasil yang relatif stabil.

Eits tunggu dulu, kita harus tetap belajar pergerakannya. Sebelum kita membeli sahamnya, kamu harus tau dulu apa itu antam?

PT Aneka Tambang Tbk yang disingkat Antam, dengan kode emiten ANTM merupakan anak perusahaan BUMN pertambangan Inalum. PT Antam berdiri pada tanggal 5 Juli 1968. Aktivitas Antam mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran dari sumber daya mineral.

 

Saham ANTM Bergerak di Bidang Apa?

Aneka Tambang Tbk, dengan kode saham ANTM, bergerak dalam bidang pertambangan simpanan alam, manufaktur, perdagangan, transportasi dan jasa terkait lainnya. Perusahaan mulai beroperasi secara komersial pada 5 Juli 1968.

 

Harga Saham ANTM Hari Ini

Per hari ini (13 Juli 2023), harga saham ANTM 1 lot ada di Rp199.000.

 

Alasan Investor Tertarik dengan Saham ANTM

Mengapa saham ANTM banyak diincar investor? Salah satunya adalah karena saham ANTM masuk sebagai golongan saham blue chip.

Selain itu, saham ANTM adalah saham yang bergerak di sektor pertambangan. Di mana saham-saham yang memiliki underlying atau turunan, seperti pertambangan emas dan batu bara, memang selalu menjadi incaran investor.

Apalagi jika harga emas sedang menguat dan emas merupakan salah satu jenis investasi yang tidak tergerus inflasi. Bahkan, sekalipun harga mengalami tekanan, para analis memprediksi bahwa prospek saham ANTM masih akan tetap cerah kedepannya.

Pada artikel ini, InvestasiKu akan memberimu panduan bagaimana “Cara beli saham ANTAM” dengan mudah dan cepat.

 

7 Langkah Cara Beli Saham ANTM Melalui InvestasiKu

Sebelum kamu beli saham Aneka Tambang (Antam) dan saham lainnya, download terlebih dahulu aplikasi investasi saham InvestasiKu dengan cara klik banner di bawah👇🏻👇🏻👇🏻

 

download investasiku

 

1. Registrasi Data Diri

Setelah install aplikasi InvestasiKu, bisa langsung klik “Kamu Belum Memiliki Akun?”, lalu isi data diri berupa:

  • Nama lengkap
  • Email aktif
  • Nomor handphone
  • Password, dan konfirmasi password
  • Setelah sudah diisi, jangan lupa ceklis syarat dan ketentuan.

 

2. Buka Rekening Dana Nasabah

Selanjutnya adalah membuka RDN dengan melakukan 2 tahap di bawah ini.

  • Verifikasi E-KYC

Nah, pada langkah membuat RDN, kamu wajib untuk mengambil gambar KTP. Upayakan mengambil gambar KTP terbaru pada kondisi cerah agar terlihat jelas. Hal ini memudahkan InvestasiKu untuk memverifikasi KTP kamu.

  • Biometrik

Selanjutnya, kamu akan diwajibkan untuk melalui proses biometrik atau proses pemindaian wajah kamu (selfie). Setelah itu, kamu hanya menunggu kurang lebih 1 hari jam kerja jika tidak ada kendala.

Jika RDN sudah jadi, selamat! Kamu bisa langsung melakukan transaksi baik beli maupun jual saham, di aplikasi InvestasiKu.

 

3. Top Up RDN

Setelah Rekening Dana Nasabah (RDN) sudah terbentuk, maka kamu bisa langsung top up dana, yang ingin kamu investasikan, ke nomor rekening yang bisa dilihat di profil kamu.

4. Cek Email

Setelah saldo RDN terisi, pastikan kamu juga mengecek email, yang berisi Client ID & PIN (untuk transaksi). PIN ini harus kamu ubah nanti di dalam aplikasi.

5. Pilih Saham Antam dengan Kode Saham ANTM

Untuk bisa membeli saham Aneka Tambang, kamu bisa langsung Cari saham dengan kode ANTM. Lakukan analisis terlebih dahulu sebelum membeli saham ini.

6. Atur Harga Lot dan Beli Sahamnya

Harga saham terupdate Aneka Tambang hari ini Rp1.990 per lembar (13 Juli 2023). Pastikan kamu sudah memiliki uang sejumlah lot saham ANTM yang ingin kamu beli.

Klik tombol Beli (warna hijau), lalu tentukan harga & jumlah lot yang kamu inginkan. Lalu klik tombol Beli.

Cek juga: Harga Saham ANTM Hari Ini

Nah, kalau sudah yakin, klik tombol Confirm. Lalu input PIN.

 

7. Beli Saham ANTM berhasil!

Di tahap ini, orderan kamu sedang masuk antrian beli. Kamu baru akan memiliki saham ANTM, jika statusnya sudah menjadi Match.

Jika transaksi belum match sampai jam penutupan bursa, dana akan dikembalikan ke RDN.

 

5 Strategi Cara Beli Saham

 

1. Compounding strategy

Strategi yang pertama adalah menabung saham layaknya kamu menyimpan uang di bank secara rutin. Karena pengembalian dari deposito relatif kecil, seorang pemilik modal lebih suka menginvestasikan dananya pada saham-saham yang memiliki kinerja baik. 

Meskipun dalam periode tertentu, saham yang mereka pilih sempat mengalami tren turun. Namun, investor tetap percaya bahwa, cepat ataupun lambat saham itu akan mengalami kenaikan lebih tinggi, maka seorang investor akan memperoleh keuntungan signifikan pada masa yang akan datang.

 

Baca juga: Cara Mengetahui Harga Wajar Saham

 

2. Day trading

Trading saham harian adalah gaya seorang trader yang memanfaatkan tren harian. Mereka aktif bertransaksi pada sesi 1 dan 2 untuk meraih keuntungan dari selisih harga saham jangka pendek. Mencakup kerangka waktu mulai dari 1 sampai 4 jam, harian hingga paling lama adalah berhari-hari.

Semua ini tergantung gaya trading kamu, apakah mau jangka pendek atau panjang. Kalau kamu tertarik dengan gaya trading saham, pastikan untuk menguasai analisis teknikal dan fundamental.

Bila Anda tertarik menerapkan strategi investasi saham dengan trading saham, pastikan Anda telah menguasai analisis teknikal saham dan memiliki waktu yang memadai untuk memantau pergerakan pasar dan harga saham.

 

3. Value Investing Strategy

Nah, kalau kamu ga mau ambil pusing di depan chart, strategi ini bisa kamu coba kalau mau investasi saham yaitu strategi value investing. Saham yang menjadi incaran adalah saham yang memiliki kinerja yang baik dan stabil.

Namun harga wajar saham tersebut masih dibawah harga wajar (undervalued). Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi value investor untuk berinvestasi jangka panjang. Ketika beberapa tahun kedepan, investor bisa memetik keuntungan yang berlipat-lipat.

 

4. Income Investing

Strategi investasi saham ini menitikberatkan pada pembelian saham dari emiten yang rutin membagi-bagikan keuntungan dividen. Strategi income investing bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu yang menginginkan pendapatan rutin dari kepemilikan saham sebuah perusahaan.

Investor yang menerapkan strategi ini akan cenderung memegang saham dalam jangka panjang (buy and hold) karena lebih fokus pada pendapatan dividen ketimbang memburu profit.

Meski begitu, ada juga trader yang menerapkan teknik buy and sell. Lebih jelasnya, membeli saham sebuah emiten yang sedang membagi dividen, lalu menjualnya ketika dividen telah diterima ketika harganya sudah lebih tinggi.

 

5. Beli Saham Antam di mana?

Jika kamu ingin membeli Saham Antam, kamu bisa membelinya melalui aplikasi InvestasiKu.

Aplikasinya dapat kamu download dengan klik banner di bawah ini.

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO