GLIMPSE
 

Berapa Sih PBV dan PER BBCA Setelah Stock Split?

BY Josua Lois Sinaga - 10/14/2021 8:56:28 AM - 2 MINS READ

 

Setelah BBCA resmi memecahkan sahamnya (stock split) dari 1 saham lama menjadi 5 saham baru, BBCA pada Rabu, 13 Oktober 2021 dibuka di level harga Rp7.325/lembarnya.

Sehingga, jika sebelumnya kawan visto harus mengeluarkan uang 3 jutaan rupiah hanya untuk membeli 1 lot saham BBCA, maka sejak 13 Oktober kemarin, kawan visto cukup merogoh kocek berkisar 700an ribu rupiah untuk bisa memiliki 1 lot saham bank terbesar di Indonesia ini. Lebih terjangkau bukan?

Apakah kawan visto tertarik memiliki saham bank BBCA? Yuk, cek berapa sih valuasi saham BBCA setelah stock split ini.

Setelah stock split, price to earning (PER) (perbandingan antara harga dengan laba per saham) BBCA ada di 6,37 kali dan merupakan nilai terkecil jika dibandingkan dengan per BBNI di 11,92x, BMRI di 13,03x dan BBRI di 20,66x.

Artinya jika kawan visto membeli saham BBCA di harga Rp7,325 maka kawan visto hanya membeli 6 kali lebih mahal dibanding valuasi laba yang bisa dihasilkan dari setiap lembar saham BBCA dan sebagai informasi bahwa PER di bawah 10x itu relatif murah.

Sekadar informasi bahwa PER BBCA secara rerata 2 tahunan berada di 27,3x artinya masih ada 20 kali potensi kenaikan harga saham BBCA ke harga rerata per 2 tahun nya.

Setelah PER, mari kulik dari sisi pbv atau price to book value nya (perbandingan antara harga sahamnya dengan nilai bukunya) di mana setelah stock split, PBV BBCA berada di 0,95x dan merupakan PBV terendah jika ingin dibandingkan dengan sesektornya seperti BBNI di 0,98x, lalu BMRI di 1.54x dan BBRI di 2,5x.

PBV BBCA yang bahkan tak sampai 1x nya mengindikasikan bahwa harga saham BBCA sekarang sangat murah dibandingkan harga buku nya. Sekadar informasi juga bahwa PBV BBCA secara rerata 2 tahunannya berada di level 4,4 kalinya.

Key takeaway: stock split saham BBCA ini selain menguntungkan bagi emiten PT Bank BCA Tbk sendiri karena sahamnya akan jadi lebih likuid dan lebih banyak yang bisa membelinya, stock split ini juga membuat valuasi BBCA jadi lebih menarik bagi investor.

Harga saham BBCA yang sekarang sejatinya tak mencerminkan kinerja BBCA yang apik, sehingga sangat besar potensi kenaikan pada harga saham BBCA.

BBCA Semakin Terjangkau, Beli Saham BBCA Lewat InvestasiKu

Langsung aja klik link di samping untuk menuju halaman download Aplikasi InvestasiKu.

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK