Modul Pasar Modal

Episode 73 : Pengertian Pasar Modal

Menurut Bursa Efek Indonesia, pengertian pasar modal adalah sarana bertemunya perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah) yang membutuhkan dana dari masyarakat untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja dan lain-lain, dengan masyarakat yang hendak menginvestasikan dana mereka.sederhananya pasar modal itu merupakan tempat bertemunya pihak yang membutuhkan modal/dana dengan pihak yang membutuhkan sarana investasi di produk-produk keuangan seperti saham, obligasi, reksadana maupun instrumen lainnya.

Dalam pelaksanaanya, pasar modal memiliki 2 fungsi besar yaitu fungsi ekonomi dan fungsi keuangan. Dikatakan fungsi ekonomi karena pasar modal ini merupakan tempat bertemunya pihak yang kekurangan dana atau disebut dengan issuer seperti pemerintah, dan perusahaan dengan pihak yang memiliki dana lebih atau yang disebut investor dalam hal ini masyarakat umum dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan usaha, penambahan dana kerja maupun ekspansi. Dengan adanya aktivitas tersebut, maka aktivitas ekonomi pun berjalan.  

Fungsi kedua adalah fungsi keuangan. Dengan adanya aktivitas investasi di saham, obligasi, reksadana dan instrumen pasar modal lainnya, pihak investor akan mendapatkan imbal hasil dari investasi mereka tersebut.  Imbal hasil tersebut akan membuat aktivitas keuangan di negara berjalan. Selain itu aktivitas pasar modal ini dapat menjadi sumber pemasukan bagi negara karena adanya pajak yang dikenakan dari tiap masing-masing aktivitas investasi, Jadi kesimpulannya, dengan adanya aktivitas pasar modal. maka pihak yang membutuhkan dana bisa mendapat dana tambahan dari pihak yang kelebihan dana dengan imbal hasil tertentu. 

Pasar Modal
Introduction
1:35
Instrumen Pasar Modal
2:49
Pengertian Pasar Modal
2:28
Pelaku Pasar Modal
2:36
Struktur Pasar Modal
3:52
Akses Modul Ini
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK